Senin, 17 Maret 2014

'Penampakan' MH370 Lewat Pencarian Satelit di Media Sosial

'Penampakan' MH370 Lewat Pencarian Satelit di Media Sosial


Semua orang sibuk mencari keberadaan pesawat Malaysia Airlines MH370. Sedikitnya 26 negara sudah mengerahkan aset-aset mereka untuk melacak lokasi pesawat berpenumpang 239 orang tersebut. Para pengguna internet pun bergerak. Apa hasilnya?

Sekitar setengah juta orang mendaftar pada situs Tomnod untuk membantu misi pencarian pesawat MAS MH370 pada hari pertama pesawat tersebut hilang. Jumlahnya terus bertambah sebanyak 100 ribu orang setiap menitnya.

Tomnod merupakan produk dari perusahaan satelit DigitalGlobe yang memperbolehkan penggunanya untuk membantu misi pencarian via satelit bagi setiap insiden dunia. Cara kerja situs ini disebut juga online crowdsourcing, yakni dengan mengalokasikan setiap penggunanya dengan gambar citra satelit suatu wilayah yang masuk dalam misi pencarian.

Pada Kamis (13/3) lalu, seorang manajer IT Mike Seberger mengaku mendapat temuan benda misterius tersebut melalui situs tersebut. Dia mengaku berhasil menangkap foto satelit resolusi tinggi yang menunjukkan benda mirip pesawat di Teluk Thailand. Namun dimensi citra satelit tersebut dinilai konsisten dengan bentuk badan sebuah Boeing 777 yang merupakan jenis pesawat MAS yang hilang.



Beberapa temuan lain lewat Tomnod, bisa diakses lewat video ini:

Hari ini, Senin (17/3/2014), seorang pengguna akun di media sosial Reddit memposting foto satelit yang dia dapat dari sebuah perusahaan Amerika Serikat. Dia mengaku menemukan serpihan pesawat dan tulisan 'Malaysia Airlines' di ekornya.

reddit

Meski sejumlah temuan ini sudah ramai dibicarakan di media sosial, namun belum ada jawaban dari otoritas Malaysia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar